Jumat, 08 Februari 2008

Teguhkan Demokrasi Bebaskan Rakyat Memilih

PILKADA TANGERANG DISINYALIR RAWAN KECURANGAN
MAHASISWA DAN RAKYAT BERSATU AYO AWASI PILKADA !!


Pilkada merupakan sebuah pesta demokrasi milik rakyat. Apapun pilihan rakyat adalah hak politik mereka yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun, dengan alasan apapun. Proses demokrasi tidak boleh terkotori dengan tindakan kekerasan baik berbentuk kekerasan fisik maupun kekerasan moral berupa pemaksaan, ancaman, atau intimidasi yang sama sekali tidak menghargai hak asasi manusia.


Bebaskan rakyat untuk menjatuhkan pilihan pada calon terbaik bagi mereka tanpa paksaan. Wujudkan Pilkada benar-benar sebagai pesta demokrasi untuk rakyat. Bila anda dipaksa untuk memilih atau menemui tindakan intimidasi politik selama proses Pilkada, Lawan atau laporkan pada kami.


APA ITU JANGKAR PILKADA ?


Jaringan Karang Taruna Pemantau Pilkada (JANGKAR PILKADA) adalah lembaga terakreditasi yang dibentuk untuk mengawasi Pilkada Tangerang 2008. Melalui JANGKAR PILKADA diharapkan rakyat dapat memperoleh media untuk menuntut terlaksananya Pilkada yang bersih, jujur, adil, dan demokratis bila memang Pilkada sudah menjadi sebuah keniscayaan. Namun JANGKAR PILKADA tidak sekedar hadir dalam kerja praktis pengawasan saja, JANGKAR PILKADA juga hadir dalam rangka upaya pendidikan dan penyadaran politik rakyat yang telah sekian lama dimatikan.


JANGKAR PILKADA ingin berperan dalam upaya membangun infrastruktur politik yang akomodatif terhadap aspirasi rakyat, yang dalam tingkat praktik sekarang ini adalah melalui agenda Pilkada. Terlepas dari dua mainstream utama di tingkat wacana publik, yaitu setuju atau tidak setuju terhadap Pilkada, JANGKAR PILKADA hadir dan dipersembahkan untuk Tangerang yang lebih demokratis dan berkedaulatan rakyat. JANGKAR PILKADA mengajak mahasiswa dan rakyat yang peduli pada proses peneguhan demokrasi di Kabupaten Tangerang untuk bergabung menjadi sukarelawan pemantau Pilkada 2008.


LANDASAN PEMIKIRAN


Pilkada sebagai salah satu bentuk pengakuan hak-hak rakyat, dalam prakteknya ternyata masih jauh dari gagasan ideal. Realitas di atas melahirkan sebuah tuntutan untuk membentuk sebuah institusi pemantau yang bukan sekadar menjadi pencatat jalannya pilkada semata. Tapi benar-benar mampu menjadi alat penyadar rakyat akan kebutuhan pilkada yang jujur, adil, bebas dan menempatkan kedaulatan rakyat pada posisi yang tertinggi. Atas dasar kebutuhan itulah JANGKAR PILKADA dibentuk.


Melalui pemantauan dan kajian-kajian kritis, JANGKAR PILKADA membantu memberikan penyadaran kepada rakyat yang saat ini terilusi oleh maraknya partai sebagai salah satu bentuk penonjolan euforia. Penyadaran yang dimaksud lebih kepada bentuk konkrit yang bisa dirasakan secara langsung oleh rakyat yang selama ini tidak dilakukan oleh pemantau, panwas atau Parpol sekalipun.


PRINSIP JANGKAR PILKADA

  1. Menjaga Netralitas dan Independensi.
  2. Bersifat Obyektif.
  3. Memberikan kesadaran politik kepada rakyat.
  4. Faktual, Murni, dan Analitis.
  5. Menjaga komitmen tegaknya demokrasi.


SIFAT DAN TUJUAN


JANGKAR PILKADA bersifat independen, tidak berpihak pada satu golongan atau partai politik tertentu. Keberpihakan JANGKAR PILKADA adalah pada kedaulatan rakyat dan pada demokrasi sepenuh-penuhnya. JANGKAR PILKADA mempunyai tujuan:

  1. Mendorong penegakan demokrasi melalui Pilkada yang langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil berlandaskan demokrasi sepenuh-penuhnya.
  2. Memantau pelaksanaan Pilkada Januari 2008 dan melaporkannya ke publik melalui media intern maupun ekstern yang ada di masyarakat sebagai salah satu upaya pressure terhadap infrastruktur politik agar memberikan komitmennya pada kedaulatan rakyat dan demokrasi.
  3. Memantau pelanggaran yang mungkin terjadi dalam Pilkada Januari 2008.
  4. Memantau dan menilai tanggung jawab penyelenggara Pilkada.
  5. Memantau dan menilai tanggung jawab kandidat beserta afiliasinya.


KEGIATAN YANG DILAKUKAN


Disamping mempunyai target kerja secara umum seperti tercantum di tujuan, JANGKAR PILKADA juga menyelenggarakan Kegiatan-kegiatan lain, yaitu:

  1. Training pemantau Pilkada.
  2. Pendidikan & Penyadaran Politik.
  3. Diskusi dan kajian.
  4. Advokasi.
  5. Debat Kandidat.
  6. Hitungan Cepat (Quick Count).


SERUAN JANGKAR PILKADA


Pilkada dalam logika dan alam demokrasi memang diyakini sebagai sarana yang paling baik dalam melembagakan partisipasi politik rakyat. Namun dalam situasi bangunan dan infrastruktur politik yang jauh dari ruh demokrasi apakah Pilkada dapat mewujudkan harapan tersebut? Dalam konteks perpolitikan indonesia sangat sulit untuk memberikan sebuah jawaban yang tegas. Karena itu JANGKAR PILKADA mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tangerang untuk:

  1. Berpihak pada kedaulatan rakyat dalam kerangka demokrasi sepenuh- penuhnya.
  2. Mewaspadai semua pihak baik berupa golongan, orang-perorang, maupun partai politik yang mempraktekkan Black Campaign dan membodohi rakyat dengan Money Politics.
  3. Mewaspadai netralitas Aparat Keamanan, perangkat Hukum dan jajaran birokrasi dalam semua tahapan Pilkada 2008.
  4. Mewaspadai semua kemungkinan kecurangan yang dapat timbul dalam Pilkada 2008, baik kecurangan yang mungkin datang dari penyelenggara, dari birokrasi, maupun dari partai politik.


Jika Anda Dipaksa atau Diintimidasi Selama Pilkada, LAWAN !!

Jika anda ingin terlibat dalam proses penegakan demokrasi di Kabupaten Tangerang, bergabunglah menjadi Relawan JANGKAR PILKADA.

Bagaimana caranya? Untuk menjadi sukarelawan JANGKAR PILKADA anda harus :

  1. Berusia minimal 17 tahun.
  2. Bukan pengurus sebuah partai politik.
  3. Tidak berafiliasi dengan salahsatu peserta Pilkada.
  4. Mempunyai komitmen pada kedaulatan rakyat dan demokrasi sepenuh- penuhnya.
  5. Bersedia menjalankan tugas pemantauan secara sukarela & tanpa imbalan.